Senin, 14 Desember 2009

catatan harian TKI korea bag.1 (antara cicak seoul dan buaya jakarta)

cicak aneh dan buaya lucu.


Mengamati kisah pertarungan kadal..eh cicak dan buaya membuat saya jadi ingat dg kejadian beberapa waktu lalu di korea.Hampir mirip dg yang di Indo,yaitu tentang skandal yang terjadi di pemerintahan.Di korea selatan, mantan presiden Roh mu hyun menjalani pemeriksaan yang diadakan oleh tim penyidik sehubungan adanya dugaan skandal suap lebih dari 6 juta dollar AS yang diterimanya dari seorang pengusaha selama masih menjabat sebagai presiden. Roh menjabat sebagai presiden Korea Selatan dari tahun 2003 hingga 2008. Meskipun masih sebatas tuduhan dan belum dibuktikan di pengadilan tp hal itu telah membuatnya malu.Rasa malu yang dideritanya telah membuat dirinya seakan tak berharga lagi.Sebab menurut Roh tuduhan itu telah menginjak2 harga dirinya yg selama ini dikenal sebagi kepala negara yang bersih.Akhirnya Roh mu hyun memilih bunuh diri akibat malu yang di deritanya.

Ini mungkin bagi kita yang di Indonesia merupakan sebuah berita mengejutkan. Tetapi bagi rakyat Korea dan Jepang berita begini tidak selalu mengejutkan. Bagi rakyat kedua negara tersebut hal ini dianggap sebagai wujud rasa malu yang nyata akibat keputusannya/tindakannya sewaktu menjabat sebagai penguasa. Bukan tradisi agaknya, tetapi kehormatan dan rasa malu sama pentingnya. Jangan pernah anda dan kita semua berharap menemukan pejabat Indonesia yang akan mau bertanggungjawab atas tindakannya (korupsi misalnya) yang memunculkan rasa malu pribadi dan keluarga dengan cara ini. Bahkan sekadar mengundurkan diri saja dari jabatannya nggak bakalan mau, meski bukti-bukti tindakannya sudah terkuak dengan nyata. Lebih-lebih di pengadilan pun akan mati-matian (melalui pengacaranya) menunjukkan seolah-olah nggak bersalah, bersih banget begitu. Ya, umumnya itu dikemas dalam upaya hukum, sah-sah saja

Tampaknya urat malu para pejabat kita sudah putus.Jelas terjadi ketidakberesan di depan mata tapi mereka masih saja berusaha menghindar dg berlindung dibalik kaidah2 hukum yang bisa dipermainkan sekehendak hati.Masih menyangkal dengan alasan konyol dan tidak masuk akal.Bahkan membuat sandiwara baru yang membuat cerita yang sebenarnya sepele jadi tampak berbelit.Memalukan ..hanya kata itu yang bisa terucap kalau kami membaca berita perkembangan dongeng si cicak&buaya.

Praktek korupsi,suap kongkalikong dan aneka skanal sejenis di Indonesia, sebenarnya bukan saja terjadi pada dua-tiga dekade terakhir. Di era pemerintahan Soekarno, misalnya, Bung Hatta sudah mulai berteriak bahwa korupsi adalah budaya bangsa. Malah, pada tahun 1950-an, pemerintah sudah membentuk tim khusus untuk menangani masalah korupsi. Pada era Soekarno itulah kita kenal bahwa salah satu departemen yang kotor, justru Departemen Agama dengan skandal kain kafan. Saat itu, kain untuk membungkus mayat (kain kaci), masih harus diimpor. Peran departemen ini sangat dominan untuk urusan tersebut.

Dewasa ini, spektrum korupsi di Indonesia sudah merasuk di hampir semua sisi kehidupan kenegaraan dan kemasyarakatan. Mulai dari pembuatan KTP, IMB, tender proyek-proyek BUMN, penjualan asset negara oleh BPPN, penggerogotan dana Bulog, bahkan sampai tukang parkir dan penjual tiket kereta api-pun sudah terbiasa melakukan tindak korupsi. Korupsi yang demikian subur ini, kemudian dijadikan argumentasi, bahwa korupsi adalah budaya kita. Oleh karena merupakan budaya, maka sulit untuk dirubah, demikianlah kesimpulan sementara orang. Maka gerakan anti korupsi dipandang usaha yang sia-sia. Urusan korupsi, hanya dapat kita serahkan pada “kebaikan hati” rakyat saja. Sebuah kesimpulan yang dangkal dan tergesa-gesa.Bagi saya, antara manusia korea dan indonesia tak ada bedanya.Kalau mereka bisa mencapai kejayaan maka kitapun bisa juga.Saya yakin suatu saat nanti korupsi dan persekongkolan jahat di indonesia bisa diberantas.Saya yakin karena orang koreapun bisa kita juga pasti bisa.Tapi sekarang...saya malu...SNOWMAN SEOUL

1 comments:

pak muliadi mengatakan...

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


Posting Komentar