Senin, 14 Desember 2009

catatan harian tki korea bag.2 (timur korea dan indonesia yang semakin 'barat')

Seperti kebanyakan para perantau khususnya yg berada di luarnegeri, di Korea ini kami bisa merasakan pengalaman berharga, banyak pengalaman yang membahagiakan, tak jarang pula pengalaman yang menyedihkan bagi kami. Sebagai perantau yang jauh dari sanak keluarga, kami berintraksi dengan orang-orang yg belum kami kenal, begitu juga dengan adat istiadat, kebiasaan, bahasa cara hidup dan berbagai hal lain. Semua ini menjadi bumbu kehidupan bagi kami, yang kelak akan kami rasakan manfaatnya ketika kembali ke tanah air.

Dari sekian banyak perbedaan yg kami temukan, BAHASA adalah salah satu yang sangat menonjol. Bahasa Korea sangat berbeda dengan Bahasa Indonesia tapi malah ada sedikit kesamaan dengan bahasa JAWA,yaitu bahasa korea jg mengenal beberapa tingkatan bahasa.Sebagaimana halnya bahasa jawa,ada tingkatan bahasa halus dan ada tingkatan bahasa kasar(ngoko).Bahasa halus biasa digunakan bila berbicara dengan orang yang lebih tua atau orang yang baru dikenal atau pertemanan yang belum terlalu akrab,persis di jawa.Sedangkan bahasa ngoko biasa dipakai untuk percakapan dg orang yglebih muda,teman akrab atau bawahan.

Sehinga kadang-kadang inilah kendala paling berat yang kami hadapi. Sering terjadi kesalah pahaman diantara kami. Terutama ketika orang orang-orang Korea memerintahkan kami mengerjakan sesuatu pekerjaan A akan tetapi yg kami kerjakan adalah B, begitu juga saat menyuruh mengambil suatu benda yg kami bawa benda lain, makanya jangan heran kalo sering terjadi perselisihan bahkan perkelahian antar orang korea dan TKI.Sekaligus membuat kami kagum,di negera yang sedemikian maju tata krama bahasa masih sangat diperhatikan.Bandingkan dg bahasa indonesia atau yang terjadi di masyarakat jawa sudah mulai banyak generasi muda yang mulai tidak ngerti 'kromo inggil'.

AGAMA. Orang Korea rata rata beragama budha, kristen ,penganut agama kepercayaan, menyembah nenek moyang dan banyak yang tidak beragama. karena itulah umur begitu dihargai di Korea. Berbeda dengan bangsa lain, orang Korea akan menanyakan umur kita ketika pertama kali bertemu, ini terkait erat dengan penghormatan, penghargaan dalam pergaulan selanjutnya. Selanjutnya, umur seseorang berhubungan dengan tingkatan bahasa yg akan digunakan pada saat kita berbincang bincang dengan orang korea, dikemudian hari.

Meskipun banyak yang tidak beragama tapi mereka bertingkah laku lebih agamis dan beradab daripada orang indonesia,malaysia atau bangsa arab sekalipun.Mereka sangat menghargai hak orang lain,takut melakukan tindakan kriminal(ambil uang yang jatuh di jalan saja belum tentu mereka berani).Meskipun ada yang jahat tapi tidak signifikan.Hormat pada yang lebih tua,sekalipun atasan tapi kalau kalah usia maka dia tidak berani petentang petenteng main perintah pada orang lain.Suka berkata jujur dan apa adanya,mereka akan mengingat ingat dan benci setengah mati kalau sekali saja pernah dibohongi.Budaya mengucapkan salam saat bertemu dan berpisah.Disiplin dan bertanggungjawab terhada bidang kerja yang menjadi keahliannya.Dan masih banyak hal lain yang akan saya bahas pada bagian lain.

Dalam hal kepercayaan ini,mereka rata rata memiliki toleransi tinggi dan menghargai kepercayaan orang lain.Memang terkadang kelakar guyonan mereka yang menyinggung masalah agama tapi mereka hanya menganggap sekedar guyonan,tak ada maksud melecehkan .Tapi bagi kita orang Indonesia akan menjadi masalah serius.misal, saat makan telah terhidang lauk dg menu daging babi,sering saya dengar mereka bilang pada kita,"udah dimakan saja,Alloh gak bakalan liat kalau kamu makan babi,lagipula tidak ada Alloh di korea..". Atau saat puasa tiba,para bibi korea biasanya tidak tega kita kelaparan dari pagi sampai sore tidak makan dan minum,mereka akan membujuk kita untuk makan(dg naluri keibuan mereka) "Cepat kamu makan roti yang bibi bawa untuk kamu ini,sembunyilah di toilet biar Tuhan gak lihat"...waakkksss????Anehnya mereka akan marah2 kalau kita makan daging babi dan mengatai kita sebagai muslim palsu dan munafik...tuh khan!


ADAT ISTIADAT. Orang korea sangat menjunjung tinggi rasa persaudaraan. Salah satu contohnya jika dia lebih muda umurnya maka dia akan memangil kakak begitu juga sebaliknya, orang yg lebih tua akan memangil kita seperti memangil anak anaknya sendiri. Orang Korea tidak suka makan sesuatu dengan cara sendiri sendiri, mereka pasti akan membagi bagikan kepada orang yg mereka kenal.Dan yang membuat saya kadang terharu,para bibi dan mbakyu bila memberikan permen atau roti tidak sekedar memberikan,tp dibukakan dulu bungkusnya lalu memasukkan ke mulut kita dg lembut sambil tersenyum seperti ibu pada anaknya.Bila pulang kerja atau ada waktu senggang mereka biasa menghabiskan waktu dengan sahabatnya di warung sambil minum minuman keras atau bir dengan cumi bakar& daging babi bakar.

Perselisihan sering terjadi diantara mereka tapi ada hal aneh yang jauh berbeda dibanding dengan watak orang indonesia.Saat bertengkar atau sedang marah,makian sumpah serapah enteng keluar dari mulut mereka bahkan hampir beradu fisik..eeeiiittt,jangan salah ,hanya hampir!jarang terjadi benar benar saling pukul karena korea akan memproses secara hukum terhadap kasus pemukulan meskipun terjadi dalam suatu perkelahian.Bagi yang kena pukul lebih banyak dan mendapat bukti visum bisa menuntut ke pengadilan dan akan segera ditindaklanjuti.Dan...umpama pagi hari bertengkar hebat,saat makan siang atau paling lambat keesokan harinya mereka sudah kembali akrab bercanda seolah tak pernah terjadi suatu apapun sebelumnya!!!Bandingkan dengan di negara kita,kalau bertengkar akan terbawa sampai mati bahkan diturunkan ke anak cucunya.Sampai sampai ada film pembalasan dendam si Anu!

Mereka biasa menunjuk dengan kaki, memukul kepala, duduk lebih tinggi pada saat kita berbicara tanpa memandang usia dan itu semua bagi orang korea bukan suatu hal yg dilarang.Anehnya kalau mukul pantat mereka akan marah tapi kalau mukul kepala merupakan hal yang wajar. Orang korea juga jarang atau mungkin tidak ada yg akan mencari pasangan baik itu sebagai pacar atau pun suami istri yg usianya terpaut jauh, paling tidak 2 atau 3 tahun, tapi mereka kebanyakan mencari pasangan yang seusia. Perbedaan usia pasangan yang terlalu jauh akan menjadi hal yang tabu bagi orang Korea. Sebenarnya banyak sekali perbedaan perbedaan yang mencolok di Korea dengan adat/kebiasaan kita,tapi saya cuma menceritakan secara garis besarnya saja.....bersambung...THE SNOWMAN SEOUL

2 comments:

pak muliadi mengatakan...

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


IBU TUTI TKI SINGAPUR mengatakan...

SAYA SEKELUARGA INGIN MENGUCAPKAN BANYAK TERIMAH KASIH KEPADA AKI NAWE BERKAT BANTUANNNYA SEMUA HUTANG HUTANG SAYA SUDAH PADA LUNAS SEMUA BAHKAN SEKARAN SAYA SUDAH BISA BUKA TOKO SENDIRI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN AKI YG TELAH MEMBERIKAN ANKA JITUNYA KEPADA SAYA DAN ALHAMDULILLAH ITU BENER2 TERBUKTI TEMBUS..BAGI ANDA YG INGIN SEPERTI SAYA DAN YANG SANGAT MEMERLUKAN ANGKA RITUAL 2D 3D 4D YANG DIJAMIN 100% TEMBUS SILAHKAN HUBUNGI AKI NAWE DI 085-218-379-259

Posting Komentar