Senin, 21 Maret 2011

Lebih mulia dubur atau lisanmu?

Semalam saya mendapat kecelakaan kecil, jempol tangan kiriku kena palu.  Ketika hendak melepas cetakan molding, cetakan itu susah sekali lepas hingga terpaksa harus dipukul keras-keras. Mungkin karena ngantuk, palu meleset dari sasaran dan mengenai jempol dengan kekuatan penuh pula. Spontan teriakan keras mengaduh keluar dari mulut disertai rentetetan makian sepuluh bahasa sekaligus.

Setelah beberapa saat rasa sakit berangsur memudar, Alhamdulillah.... Giliran pikiran yang kembali mengulang peristiwa celaka itu terjadi. "Astaghfirullahal'adzim," Aku teringat betapa banyak makian keluar berhamburan begitu saja ketika itu.

Saya tersenyum ketika teringat dongeng Simbok saat saya masih belia, tentang 'Pak Kyai dan suara kentut'. Kisah itu begitu membekas tapi sering terlalaikan.

Alkisah di sebuah surau Kyai sedang memberi petuahnya. Warga dan para santri berbaur mendengarkan ceramah beliau. Surau penuh sesak meluber sampai serambi, hingga bila ada salah seorang yang duduk di tengah atau di depan kebelet kentut harus ditahan semampunya.

Seorang jama'ah, Abdul, tiba-tiba merasa harus buang kentut di tengah ceramah Pak Kyai yang sedang seru-serunya. Apesnya dia duduk di kerumunan terdepan tepat di hadapan Pak Kyai. Beberapa menit dia mampu menahan kentutnya namun hari itu Abdul memang sial, angin di perutnya tanpa bisa ditahan nyelonong keluar melewati sela-sela dubur dengan suara bak terompet perang.

Merah padam mukanya menahan malu, malu pada Pak Kyai. Anggota jama'ah lain sesaat memandanginya dan tanpa dikomando tertawa terpingkal-pingkal membuat seisi surau itu riuh rendah oleh gelak tawa jama'ah pengajian Pak Kyai. Namun anehnya Pak Kyai tak menunjukkan reaksi apapun, bahkan raut mukanyapun biasa saja. Seorang jama'ah yang heran memberitahu Pak Kyai bahwa Abdul baru saja kentut dengan suara menggeledek mengagetkan seluruh jama'ah.

Namun Pak Kyai tetap berbicara tanpa terganggu oleh gelak tawa jama'ahnya. Mengira Pak Kyai tak mendengar santri lain mengulangi pemberitahuan pada Pak Kyai mengapa mereka tertawa. Pak Kyai diam lalu bertanya," Mengapa kalian terlihat tertawa?"
"Abdul kentut Pak..!" Seseorang menjawab.
"Tolong jawab mengapa kalian tertawa?" Pak Kyai bertanya lagi.
"Abdul kentutnya keras banget hingga seakan-akan surau kita ini mau roboh, Pak Kyai.!"
"Ada apa sih ini kok pada ketawa, ya sudahlah kalau tak ada yang menjawab kita lanjutkan kajian kita," kata Pak Kyai seolah tak mendengar jawaban santrinya.

Para jama'ah dan santri saling berbisik," Rupanya Pak Kyai tiba-tiba tuli."
Abdul tersenyum cerah," Itu berarti beliau tak mendengar suara kentutku donk.."

Padahal, kata Simbok, Pak Kyai itu hanya pura-pura tuli untuk menjaga perasaan Abdul, agar tidak merasa malu dan dipermalukan. Abdul sudah berusaha keras menahan dubur agar tidak bersuara namun rupanya kawan-kawannya di surau itu tak mampu menahan lisannya untuk mempermalukan Abdul di depan Pak Kyai.

"Betapa kelak saat kau dewasa akan mengerti bahwa menahan dubur agar tidak mengeluarkan najis lebih mudah daripada menahan lisan mengeluarkan kata kotor dan najis," Malam itu Simbok mengakhiri dongengnya setelah mengecup keningku.

Kini saya menyadari bahwa saya tak mampu memuliakan lisan ketimbang dubur. Barangkali, saya mampu menahan kentut agar tidak mendapat malu namun sudah berulangkali saya tak mampu menahan mulut bicara kotor, menyakiti hati orang, mencela orang, menggunjing, memfitnah, berdusta yang justru sebenarnya akan sangat mempermalukan diri saya sendiri.

Terima kasih Simbok atas pelajaran berharga yang kau berikan lewat dongeng indahmu. Salam cinta penuh hormat dan iringan do'a agar Simbok selalu sehat dan meneruskan dongeng yang tiada habis-habisnya.

bimomukti the snowman.seoul.

2 comments:

Unknown mengatakan...

INFOTUYULMESIR: tuyul ini sangat kecil ukurannya,kira-kira tingginya 5cm-6cm,tuyul ini dapat dilihat dengan mata terbuka Jika (NAMA) sudah Memberikan Minyak khusu bagi anda yang ingin Kontrak atau ingin Beli tuyul.
orang lain tidak dapat melihatnya. Bagaimana merawatnya..?? Sangat mudah ,tuyul ini sangat canggih & tidak merepotkan, tuyul ini tidak suka netek pada ibu-ibu, tuyul kepunyaan mbah hanya perlu 1 buah kamar khusus tempat tuyul bermain & istirahat serta butuh KUNYIT DAN SUSU BIASA yang sering Diminum anak-anak, seperti SUSU CAP BENDERA, anda tidak usah takut atau repot, karena Kunyit banyak Dijual di pasar-pasar terdekat di kota anda, itupun hanya diberikan jika si tuyul akan bertugas mencuri uang/perhiasan, tuyul ini sangat setia dengan majikannya. Berapa harganya..?? khusus untuk tuyul biasa mbah patok harga yaitu 1,7MILIAR, dan jangan Khwatir, karena ada sistem ngontrak, Hanya 5Jt/ tahun, dan Bisa menghasilkan uang sekitar 20jt/Hari. Tuyul Mesir pintar sama seperti tuyul lainnya, tetapi terdapat perbedaan yaitu Memiliki Pakean yang Bagus dan topi yang kayak seperti Jin dan Jun, atau Tuyul dan Mbak Tuyul ,selain itu Tuyul Mesir dapat berlari lebih kencang daripada tuyul biasa, lebih pintar mencuri uang/perhiasan, oleh karena itu disebut tuyul spesial, kenapa begitu..?? karena banyak Paranormal atau para ahli hikmah mengakui sulit untuk menangkap TUYUL MESIR karena lari’nya cepat seperti kilat, hanya segelintir dukun sakti saja yang bisa menangkapnya, itupun harus menggunakan ilmu khusus yang sudah sangat langkah.
SISTEM KONTRAK DARI KAMI :
1.SISTEM KONTRAK TUYUL BIASA : Rp 15Jt DALAM WAKTU1
TAHUN
SISTEM KONTRAK TUYUL SPESIAL:Rp 25 Jt DALAM WAKTU 1 TAHUN
&PENGHASILAN BISA MENCAPAI ATAU BAHKAN LEBIH 20Jt DALAM 1 HARI.
2 SISTEM BELI: HARGA 1,7 MILIAR
HANYA SEHARGA 1,7 MILIAR
Anda dapat memesan tuyul biasa atau tuyul MESIR silahkan {>>>>>KLIK DISINI DUKUN PESUGIHAN MANTRA GUNA<<<<<}
TLP :
082361234469
(MBA CANDRA)
Info selengkapnya silahkan ANDA Hub:BELIAU jangan ragu-ragu shobat...!

pak muliadi mengatakan...

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل



KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


Posting Komentar